Minggu, 25 September 2011

sinlui hot 2011


Be Excellent in Faith and Knowledge merupakan tema yang diusung   SMAK St Louis 1 dalam memperingati hari jadi yang ke 60. Banyak sekali even-even yang diadakan mulai dari pameran pendidikan, bakti sosial, sinlui exHibition cOmpetition Talent (Sinlui HOT) hingga bazaar yang akan diadakan akhir bulan ini.
Jumat, 23 September merupakan acara sinlui HOT. Pagi-Pagi sekali para peserta sudah datang untuk registrasi mereka didampingi bapak ibu guru ada pula orang tua yang setia menemani mereka. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 dibawakan oleh Oscar dan Michellina. Setelah itu ada pembacaan sambutan dari ketua panitia Bapak Asisi Subono dan kepala seksi kurikulum Dinas Pendidikan Jawa Timur, dilanjutkan dengan doa yang dipimpin Bu Yohana selaku wakasek spiritualitas. Dalam setiap pembacaan yang dilakukan selalu ada diartikan dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa mandarin. Untuk meningkatkan semangat nasionalisme kami semua yang hadir menyayikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan Mars Sinlui. Ada pula tarian khas Jawa Timur yang dibawakan oleh tim Gamelan SMAK St Louis1 .
Di tengah-tengah acara pembukaan saya sempat mewawancarai salah satu peserta. Nadia siswi yang masih duduk di bangku kelas VII SMP Al Hikmah Surabaya. Dia berpartisipasi dalam lomba Debat Sosial tujuannya mengikuti lomba ini selain untuk mengharumkan nama sekolah ia juga mau membanggakan kedua orangtuanya. Setiap hari ia berlatih secara intensif selama 2 jam , Mudik dengan sepeda motor merupakan hal pertama yang ia perdebatkan. Selain Nadia ada juga Maria Esterlita Siantoputri(Ester), siswi kelas IX F SMP Katolik Santa Agnes Surabaya. Persiapan sudah cukup matang, setiap hari dia dan timnya selalu membaca vocabulary, mengerjakan soal-soal. Baginya belajar dari latihan soal yang diberikan tentor tidaklah cukup, ia rajin membaca novel dan mengerjakan soal-soal online dari internet. Dan kerja kerasnya membuahkan hasil ia berhasil menyabet Juara Harapan 1. Raut wajah gembira terpancar dari wajahnya, keinginan untuk menang dalam Sinlui HOT akhirnya bisa terwujud apalagi ia sudah duduk di bangku kelas IX dan ia ingin melanjutkan di SMAK St Louis1.
Kemudian sekitar Pk 09.00 para peserta mulai memasuki ruang lomba diantara mereka tampak berbagai macam raut wajah ada yang serius ada juga yang baisa-biasa saja. Mereka mengerjakan soal dengan sangat serius. Kemudian sekitar Pk 13.00 diumumkan peserta yang lolos ke tahap berikutnya saat nama sekolah mereka disebutkan teriakan langsung keluar dari mulut tiap peserta beserta bapak ibu guru pendamping, ada pula yang sedih dan tampak kecewa.
24 September 2011 para peserta yang lolos ke babak semifinalis harus beradu kembali untuk membawa pulang piala-piala tersebut. Siang hari pukul 15.00 diumumkan para pemenang lomba. Untuk bahasa Inggris dimenangkan oleh SMPK St Clara, disusul oleh SMP YPPI 3 Surabaya dan SMP Kosayu 2 Malang. Juara Harapan I dan II dimenangkan oleh SMPK St Agnes Surabaya dan SMP Al Hikmah .Pemotongan pita oleh Romo Alexius Dwi Widiatna selaku kepala sekolah SMAK St Louis 1 Surabaya menandatakan berakhirnya Sinlui HOT 2011.

Yulia Widyasari
XD-38 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar